KEGIATAN UMUM

Mengembangkan Kualitas Karang Taruna di Desa Kamal, Mahasiswa KKN Undip 2023 Mengadakan Pelatihan Soft Skill & Hard Skill

14 Agustus 2023

Mengembangkan Kualitas Karang Taruna di Desa Kamal, Mahasiswa KKN Undip 2023 Mengadakan Pelatihan Soft Skill & Hard Skill

SUKOHARJO - Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro yang tergabung dalam Tim II Tahun 2022/2023 dengan lokasi penempatan di Desa Kamal, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo telah sukses melaksanakan kegiatan program kerja Multidisiplin tentang “Peningkatan Kualitas Karang Taruna Desa Kamal Melalui Pengembangan Soft Skill dan Hard Skill”. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama satu hari dengan peserta kegiatan dari kelompok Karang Taruna Desa Kamal. Program yang dilakukan oleh mahasiswa KKN tersebut dilaksanakan di Pendopo Balai Desa Kamal pada Rabu (26/7/2023). Acara tersebut dihadiri oleh Lurah Kamal selaku Kepala Desa Kamal, Widodo.

Program “Peningkatan Kualitas Karang Taruna Desa Kamal Melalui Pengembangan Soft Skill dan Hard Skill” guna melakukan pengembangan diri seperti public speaking, critical thinking, legal knowledge skill, digital archive, leadership dan lain sebagainya. Program ini dilakukan melalui pelatihan interaktif oleh mahasiswa KKN serta Karang Taruna Desa Kamal. Kegiatan tersebut diuraikan dalam beberapa program kerja monodisiplin/keilmuan yang terdiri dari program: Edukasi hukum mengenai bahaya pinjaman online, Meningkatkan Kemampuan Soft Skill Melalui Pelatihan Public Speaking, Meningkatkan Efisiensi Pengelolaan Arsip Anggota Karang Taruna Desa Kamal Melalui Pelatihan Digitalisasi Kearsipan Dinamis, Kepemimpinan Berbasis Masyarakat: Pelatihan Remaja dan Karang Taruna Desa dalam Mengembangkan Potensi Desa, serta Peningkatan kesadaran masyarakat remaja terhadap waspada hoax menjelang pemilu melalui pelatihan softskill. Program-program tersebut disampaikan oleh lima orang mahasiswa KKN yang terdiri dari: Naufal Ardhani Yudhatama, Afrilla Amrina, Rika Vrindia Perdana, Resty Okta Diani, dan Endah Nisrina.

Kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 20 orang yang terdiri dari anggota kelompok Karang Taruna Desa kamal serta Perangkat Desa. Peserta mengikuti keberlangsungan acara program Multidisiplin dengan antusias untuk mendengarkan materi yang diberikan. Program tersebut diapresiasi oleh para anggota Karang Taruna serta Perangkat Desa setempat atas kontribusi yang telah mahasiswa KKN Undip 2023 berikan ke masyarakat Desa Kamal dengan harapan dengan adanya program ini bermanfaat untuk meningkatkan kualitas diri anggota karang taruna.

KKN Undip 2023 Desa Kamal

DPL       : Bogi Budi Jayanto, S.Pi., M.Si.

Lokasi   : Desa Kamal, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo

#KKNUndipTim2 #p2kknUndip #lppmUndip #Undip #BogiBudiJayanto

Share :